Berita

Dievaluasi Irjen Kemenag RI, Penyaluran PIP Madrasah se Kabupaten Padang Pariaman Telah Sesuai Juknis

Sabtu, 2 Maret 2024 07:06 WIB
  • Share this on:

Padang Pariaman, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman kedatangan Tim Evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agama, Senin (26/02/2024) hingga Jumat (01/03/2024).

Tim yang dipimpin oleh Pengendali Teknis, Melia Fauziah, Ketua Tim, Endang Widiyawati, dan Anggota Tim, Hendro Dwi Antoro, Diah Ayu Perwitasari, serta Achmad Taufiq, disambut langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, diwakili Kasubbag TU, H. Mukhlis M, didampingi Kasi Pendidikan Madrasah, Fitriyoni, Senin (26/02/2024).

Penyambutan dilakukan di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman yang dilanjutkan dengan entry meeting dengan menghadirkan Kepala MAN 1, MTsN 2, MIN 1, MAS Kampung Dadok, MTsS Al-Maarij Aur Malintang dan MIS Al-Munjie sebagai sampel yang akan dilakukan penilaian.

Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Kasubbag TU, H. Mukhlis M menyampaikan, kegiatan evaluasi ini merupakan bagian dari pengawasan untuk menciptakan kinerja yang baik dan terawasi. Untuk itu, evaluasi ini hendaknya dilakukan se transparan mungkin agar menjadi acuan untuk pelaksanaan ke depannya.

“Pada kesempatan ini, Kami menyampaikan salam maaf dari Bapak Kepala Kantor karena pada kesempatan yang sama sedang membuka kegiatan lomba di Pondok Pesantren Darul Mustafa yang dilanjutkan dengan membuka kegiatan yang sama di MTsN 5 Padang Pariaman. Namun, tanpa mengurangi makna, Bapak Kepala Kantor menitipkan pesan agar evaluasi ini dapat dilakukan semaksimal dan se transparan mungkin,” tutur Kasubbag TU.

“Hak mendapatkan pendidikan bertujuan untuk memanusiakan manusia. Pendidikan merupakan fondasi pertahanan negara dari serangan-serangan budaya asing. Sehingga, pendidikan memiliki peranan penting untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara serta merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia, ” kata Ketua Tim, Endang Widiyati, dalam sambutannya.

Kegiatan evaluasi dimulai di MAN 1 Padang Pariaman, yang dipimpin oleh Kepala Madrasah, Amrizon. Secara berurutan, sejak Senin (26/02/2024) hingga Kamis (29/02/2024), evaluasi dilaksanakan di MTsN 2, MIN 1, MAS Kampung Dadok, MTsS Al-Maarij Aur Malintang dan MIS Al-Munjie.

Puncak dari kedatangan tim Irjen Kemenag RI, dilaksanakan ekspose pemaparan hasil evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) di Aula PLHUT Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (01/03/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, diwakili Kasi Pendidikan Madrasah, Fitriyoni, yang turut dihadiri Kasi Bimas Islam sekaligus Plh. Kasubbag TU, Irsyad. Dalam sambutannya, Kasi Penmad mengatakan bersyukur kegiatan ini telah diselesaikan dengan lancar.

“Alhamdulillah evaluasi ini telah selesai dilaksanakan dan penyaluran PIP di Madrasah Kabupaten Padang Pariaman telah sesuai petunjuk teknis yang ada. Harapannya, dengan kedatangan tim evaluasi ini, dapat meningkatkan tata kelola layanan pendidikan dan menjadi acuan untuk memaksimalkan penyaluran PIP sehingga lebih tepat sasaran,” tutur Fitriyoni.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Irjen Kemenag RI yang telah turun melakukan evaluasi di Kankemenag Kabupaten Pariaman. Ia berharap, evaluasi ini dapat mejadi acuan dan melahirkan inovasi baru dalam pengelolaan PIP.

“Kami menyampaikan terima kasih atas terpilihnya Kabupaten Padang Pariaman dalam evaluasi PIP oleh Irjen Kemenag RI.  Kepada Madrasah yang menjadi sampel evaluasi diharapkan dapat meningkatkan tata kelola penyaluran PIP ini. Selain itu, Kepala Madrasah yang menjadi sampel juga diharapkan dapat berbagi pengalaman kepada madrasah lain dalam pengelolaan PIP ini,” kata H. Syafrizal. (edo)

Editor:
sukmamurdani
Fotografer:
ihsan

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Ka. Kankemenag ikuti seleksi PPIH Tahap II